gasprohematbbm.id ANTI BOROS, AUTO HEMAT
Anda berada di: Home > Peluang Usaha > Cash Flow Minus

Cash Flow Minus

peluang usaha penghemat bbm

Apakah anda juga pernah atau bahkan sedang mengalami cash flow semacam ini?

Pada awalnya pemasukan lebih tinggi dari pengeluaran. Seiring waktu pengeluaran terus meningkat, pendapatanpun juga meningkat, tapi tidak seimbang dengan peningkatan pengeluaran. Pemasukan semakin kalah jauh dibandingkan dengan pengeluaran.

Cash flow semacam ini biasa dialami oleh orang-orang yang memiliki hutang.

Kehidupan semakin memburuk, panik, hilang pikiran jernih. Cari pemasukan dengan instan : hutang !. Hutang sana - hutang sini, top up kredit, gesek kartu kredit disana sini. Gali lubang tutup lubang.

Tidak menyelesaikan masalah, malah sebaliknya semakin terpuruk ! Kehidupan semakin hari bukan membaik, tetapi justru semakin kacau dan berantakan.

Tidak hanya berdampak pada masalah finansial saja, tetapi juga bisa berefek pada keharmonisan keluarga. Cash flow tidak stabil, keluarga tidak stabil dan akan rentan sekali untuk bubar dan hancur. "Kapal" bisa pecah dan Ambyar !

Sekarang Anda adalah nakhodanya.

Mau dilanjutkan terus cash flow minusnya, "kapal" menuju badai puting beliung atau mau banting kemudi putar haluan. Arahkan kapal ke samudera yang tenang

Mengapa cash flow minus ?

Kita lihat dulu, ketika Anda memiliki pendapatan/penghasilan. Apakah prioritas alokasi pengeluarannya seperti ini ? :

1. Prioritas #1 : Untuk Bayar Hutang

2. Prioritas #2: Untuk Keperluan Keluarga

3. Prioritas #3: Untuk Ditabung

4. Prioritas #4: Untuk Sedekah

dan hasilnya baru sampai priortas #2 penghasilan sudah tidak cukup. Apalagi menuju prioritas #3 menabung, ZONK ! . Prioritas #4 sedekah hanya sedikiiiit sekali, bahkan kadang ZONK juga !

Apakah manajemen keuangan anda seperti itu? Jika iya, maka anda sama dengan saya. Dulu saya juga melakukan kesalahan seperti itu.

Jika seperti itu manajemen keuangan Anda, maka jangan terlalu berharap kondisi keuangan akan membaik. Kebanyakan yang terjadi malah sebaliknya.

Begitu anda punya uang, langsung prioritas pertama untuk angsuran/bayar utang, maka yang terjadi biasanya adalah kebutuhan keluarga tidak dapat terpenuhi dengan baik. Apalagi tabungan, Lewaaaat.

Akibatnya keluarga tidak stabil, imbasnya adalah fokus bisnis / menambah income akan kacau. Dan jika fokus menambah income kacau, maka yang terjadi pemasukan bukannya bertambah bahkan cenderung akan menurun.

Itulah yang terjadi, sehingga pada akhirnya, pengeluaran justru lebih tinggi dibandingkan pemasukan yang diterima. Cash flow menjadi minus

Lalu, apa yang harusnya dilakukan?

Jika anda ingin kondisi cashflow anda tidak minus, perlahan bergerak menjadi positif . Jika Ingin ekonomi keluarga stabil,  Maka rubah cara manajemenya, harus benar. 

Caranya ada 2 (dua) Langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

1. Langkah #1 : Rubah prioritas pengeluaran Anda

2. Langkah #2 : Pangkas biaya, Tambah penghasilan

seperti ini penjelasannya 

1. Langkah #1 : Rubah Prioritas Pengeluaran Anda

Jika anda menerima pemasukan berapapun : "Langsung habiskan" ! Jangan disisakan. Habiskan disini adalah segera plot dan alokasikan pemasukan Anda pada pos pengeluaran yang telah dirubah prioritasnya menjadi sebagai berikut:

  1. Prioritas #1: Untuk Sedekah 10% dari pemasukan bersih (minimal 2,5 %)
  2. Prioritas #2: Untuk Ditabung Investasi 5% dari pemasukan bersih
  3. Prioritas #3: Untung ditabung dana darurat 5% dari pemasukan bersih
  4. Prioritas #4: Untuk Keperluan Keluarga Sampai Cukup
  5. Prioritas #4 : Untuk Bayar Hutang jika ada sisa

Kenapa prioritas pengeluarannya seperti itu?

1. Prioritas #1 : Sedekah 10%, untuk keberkahan harta kita. Minimal alokasikan 2,5% untuk zakat. Perbesar sedekah, alokasikan 10% dari penghasilan. Semakin banyak insyaa Allah semakin baik.  Ini adalah cara yang Alloh ajarkan kepada kita, jika ingin rizqi kita berkah dan melimpah, maka harus banyak bersedekah. Sedekah adalah sebuah perniagaan dengan Alloh yang tidak pernah merugi. Maka prioritas ini di posisi paling atas. 

2. Prioritas #2 : Ditabung untuk Investasi minimal 5%. Bukan tabungan untuk konsumtif. Jika nanti sudah cukup jumlahnya gunakan untuk investasi, gunakan untuk usaha dengan tujuan untuk memperbesar income maupun membangun income baru. Dengan memperbesar income, maka Anda dapat melunasi hutang lebih cepat.

3. Prioritas #3 : Ditabung untuk dana darurat 5%. Gunakan tabungan ini untuk dana darurat. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, keadaan darurat apa yang akan menimpa kita. Antisipasi lebih baik. Jika dana darurat ini sudah terkumpul cukup, sebagian bisa untuk membayar hutang. Tapi tetap jangan dihabiskan, sisakan untuk dana daruratnya.

4. Prioritas #4 : Pemenuhan Kebutuhan Keluarga sangat penting sekali dipenuhi, jangan sampai kita mendzalimi keluarga kita karena kita mengutamakan utang diatas kepentingan keluarga. Keluarga harus dalam kondisi tenang dan tenteram, maka anda akan lebih fokus didalam meningkatkan income baru. Hidup hemat, sederhana. Tinggalkan gaya hidup. 

5. Prioritas #5. Bayar utang, jika masih ada sisa. Bagaimana jika tidak ada sisa ?. Pangkas biaya, tambah penghasilan.  Utang wajib dibayar !. Jika utang riba, bayar pokoknya tinggalkan ribanya (bunga, denda dan segala macam tambahannya). STOP hutang sekarang juga, jangan  menambah hutang

 

2. Langkah #2 : Pangkas biaya, tambah penghasilan

 

Pangkas biaya. Cara ini yang paling mudah dilakukan. Tulis dengan detil semua pengeluaran Anda selama ini secara terperinci. Cek satu persatu, pilih pengeluaran-pengeluaran mana saja yang bisa dihemat, bisa dipangkas atau bahkan dicoret. Dan Lihatlah berapa Rupiah Yang bisa Anda Hemat.

Mudah cara melakukannya. Hanya perlu niat kuat untuk melaksanakannya. Simpan hasil penghematan, jangan malah untuk menambah pos pengeluaran baru. Masukkan dalam dalam tabungan investasi atau tabungan darurat atau bayarkan untuk hutang. 

Tambah penghasilan. Jika memangkas biaya tidak bisa Anda lakukan maka tidak ada pilihan lain, Anda harus tambah penghasilan. Tahan pengeluaran, jangan menambah pengeluaran.  Ciptakan usaha, ciptakan pekerjaan, ciptakan sumber penghasilan baru. Jangan tergantung orang lain. 

"Tapi..., saya tidak punya cukup uang untuk buka usaha." Cari usaha yang tidak perlu modal uang banyak. Cari usaha yang modal sedikit untungnya banyak. Ingat Jangan Berhutang untuk buka usaha !! .

Hasil tambahan penghasilan simpan lagi. Masukkan dalam tabungan investasi atau tabungan darurat atau bayarkan untuk hutang. Jangan menambah pos pengeluaran baru. 

Pangkas Biaya sekaligus tambah penghasilan. Lakukan secara bersamaan. ini cara yang paling cepat merubah cash flow minus menjadi positif.  Tahan pengeluaran, pangkas pengeluaran lakukan penghematan. Sisi satunya tambah penghasilan. Perlu kerja keras, perlu niat kuat, pantang menyerah. 

Metode Cashflow diatas sudah banyak dipraktekkan oleh orang dan terbukti sangat berhasil.

Nah, jika anda ingin kondisi finansial stabil, keluarga bahagia, maka lakukan teknik diatas. Sayapun juga melakukannya. Memang berat menjalankannya. harus istiqomah.

Silakan share informasi ini sebanyak-banyaknya, selamatkan saudara dan teman-teman kita, semoga mereka yang saat ini dalam kondisi kesulitan finansial bisa segera lancar dan stabil. Yang sedang terbelit hutang, hutang Riba bisa segera bebas. Dengan cara mengatur cashflow yang benar.

Metode hanya sebatas metode, tidak ada artinya jika tidak dilaksanakan. Tidak akan merubah keadaan jika tidak dilakukan. Paksa diri Anda untuk menerapkan dan melakukan metode cash flow di atas. Jangan banyak berpikir. Kerjakan dan lakukan saja dulu. Dan lihat hasilnya

 

SEKARANG KEMBALI KE ANDA

Yang mampu merubah keadaan Anda, Ya Anda sendiri

BUKAN ORANG LAIN

Anda adalah nakhodanya.

Membiarkan "kapal" karam di hempas badai puting beliung atau putar haluan berlayar di samudera yang tenang

 

SELAMAT MENGAMBIL KEPUTUSAN

 peluang usaha gaspro

 

Anda bingung memulainya dari mana ?

Jika Anda bingung memulaianya darimana. Izinkan gaspro hemat bbm memberikan inspirasi buat Anda. Gaspro hemat bbm bisa menjadi sarana bagi Anda untuk memulai langkah baru menata kembali cash flow Anda.

 

peluang usaha gaspro 

suport penghemat bbm gaspro siap membantu 

 

 



Info Kami

Informasi terbaru

Powered by CMSimple

nach oben